humas@fatmawatihospital.com
+62(21) 7501524
SPGDT +62(21) 7660618

PERESMIAN PELAYANAN DOCUMENTATION BASED CARE DBC



Pelayanan DBC di poliklinik Azalea telah diresmikan pada tanggal 24 Januari 2019, alat ini merupakan bagian dari pelayanan Rehabilitasi Medik di poliklinik Azalea RSUP Fatmawati.

Nyeri punggung (back/spine) adalah masalah yang sangat umum. Diperkirakan empat dari lima orang menderita sakit leher dan punggung dalam hidup mereka. Kondisi ini biasanya bukan disebabkan oleh karena penyakit berat dan dapat dicegah jika dilakukan perawatan yang tepat. Sebagian besar rasa sakit ini sembuh dengan cepat, setidaknya cukup untuk melanjutkan aktivitas normal. Namun jika rasa sakit sering kambuh, perlu dilakukan rehabilitasi aktif untuk meningkatkan fungsi yang hilang dan menghilangkan rasa sakit.

Dalam memberikan pelayanan kepada pasien, RSUP Fatmawati selalu berupaya melakukan pengembangan yang inovatif, berfokus kepada pasien untuk memberikan pelayanan paripurna dan berkesinambungan, terlebih kepada pasien yang mengalami masalah nyeri dengan tulang belakang (back/spine).

Pelayanan tulang belakang (spine) di RSUP Fatmawati diawali dengan pelayanan tim spine di RSUP Fatmawati, yang personilnya terdiri dari dokter spesialis yang kompeten di bidangnya baik dari dokter spesialis ortopedi subspesialis spine, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dokter spesialis neurologi, dokter spesialis radiologi, dan lainnya yang telah bekerja secara terintegrasi baik dalam melakukan asesmen pasien, sampai pada tatalaksana paska operasinya.

Pelayanan DBC yang baru saja diresmikan di Gedung Azalea RSUP Fatmawati pada hari Kamis, tanggal 24 Januari 2019 ini selain digunakan sebagai modul terapi termasuk untuk pain management, dapat digunakan juga sebagai modul maintenance yang merupakan program pelatihan lanjut yang akan menjadi gaya hidup kebugaran pasien dan juga sebagai modul medical sport yaitu program pelatihan khusus untuk pemulihan atlet yang mengalami cedera (sport injury) sehingga dapat mempersiapkan atlet agar mampu berkompetisi kembali. 

Alat DBC di RSUP Fatmawati ini merupakan alat yang baru tersedia di rumah sakit pemerintah di wilayah DKI Jakarta, yang nantinya akan dapat melayani pasien BPJS maupun pasien Non BPJS atau tunai, setelah mendapatkan hasil konsultasi dari dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

Pelayanan DBC ini diharapkan dapat memberikan image baru dan semangat baru kepada RSUP Fatmawati untuk lebih berkembang dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya untuk masalah-masalah tulang belakang yang saat ini cukup banyak dan dapat menjadi revenue center di masa depan.

Dr. Mochammad Syafak Hanung, SpA, MPH