humas@fatmawatihospital.com
+62(21) 7501524
SPGDT +62(21) 7660618

PELAYANAN UNIT KARDIO VASKULAR INTERVENSI UKVI DI RSUP FATMAWATI



PELAYANAN UNIT KARDIO VASKULAR INTERVENSI ( UKVI )

DI RSUP FATMAWATI

Salah satu upaya RSUP Fatmawati dalam melakukan pengembangan yang berfokus kepada pelayanan paripurna dan berkesinambungan adalah pelayanan terhadap pasien dengan masalah jantung dan pembuluh darah.  Pasien dengan masalah jantung dan pembuluh darah yang dilayani di RSUP Fatmawati semakin lama semakin bertambah dan kasusnya semakin kompleks, sementara sumber daya manusia yang dimiliki oleh RSUP Fatmawati semakin hari semakin berkompeten. Maka sudah dirasakan perlu dikembangkan pelayanan kardio vascular menjadi suatu unit, dan dapat meliputi berbagai disiplin ilmu kedokteran yang disebut sebagai Unit Kardio Vaskular Intervensi (UKVI). Unit Kardio Vaskular Intervensi ini terdiri dari pelayanan bedah dan non bedah jantung dan kardiovaskular. Tim multi disiplin kedokteran yang termasuk dalam UKVI adalah, yaitu :

  • Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah
  • Dokter spesialis anak subkardiologi anak,
  • Dokter spesialis radiologi intervensi,
  • Dokter spesialis neurologi intervensi,
  • Dokter spesialis bedah vaskular,
  • Dokter spesialis bedah saraf intervensi,
  • Dokter spesialis bedah thoraks kardiovaskular

 

Bersama dengan RS Jantung Harapan Kita sebagai rumah sakit pengampu dalam pelayanan jantung dan pembuluh darah, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelayanan bedah jantung di RSUP Fatmawati. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pasien-pasien yang tidak dapat dilakukan tindakan minimal intervensi, maka akan dilaksanakan menggunakan upaya pembedahan. Sehingga pelayanan terhadap pasien jantung dan pembuluh darah baik pasien dewasa maupun anak dapat dilakukan secara komprehensif di RSUP Fatmawati.

Pelayanan UKVI akan melayani pasien secara terintegrasi dengan tetap memperhatikan upaya menjaga mutu dan keselamatan pasien. Dengan terbentuknya Unit Kardio Vaskular Intervensi dan dengan didukungnya peralatan medis yang canggih seperti alat angiografi terbaru ini, ditunjang pula dengan sumber daya manusia yang kompeten akan memberikan image baru (brand image) dan semangat baru kepada RSUP Fatmawati untuk lebih berkembang dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya kasus penyakit jantung dan pembuluh darah dan dapat menjadi revenue center di masa depan.

Seiring dengan kebutuhan pelayanan tersebut, RSUP Fatmawati pada Senin 7 Januari 2019 pukul 09.00 Wib RSUP Fatmawati meresmikan pelayanan yang dilaksanakan di Gedung Bougenville lantai II RSUP Fatmawati.

Pelayanan baru ini merupakan pengembangan pelayanan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardio Vaskular) terpadu yang secara berjenjang dan bersinergi dengan rujukan nasional. Keberadaan unit ini  diharapakan dapat meningkatkan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara terarah dan terpadu di bidang kardiovaskular serta ikut memfasilitasi program kolaborasi untuk alih teknologi bidang kardio vaskular baik di dalam maupun di luar negeri.

Dengan terbentuknya unit kardiovaskular intervensi ini didukung dengan tersedianya pelengkapan medis canggih laboratorium kateterisasi kardio vaskular yang baru dan sumber daya medis yang kompeten dibidang kardiovaskular, layanan tersebut adalah Pelayanan Kardio Vascular Intervensional.

Pada peresmian tersebut yang dihadiri oleh seluruh jajaran direksi, para kepala bagian, perwakilan dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan perusahaan yang bekerjasama dengan RSUP Fatmawati turut menghadiri, selain itu seluruh team dokter kardiovaskular intervensi ikut menghadiri, dalam sambutan Dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A, MPH selaku Direktur Utama RSUP Fatmawati menyampaikan rasa bahagia dan lega, serta mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak, sehingga pembentukan dan pendirian Unit Kardio Vaskular dapat terlaksana dengan lancar. Dan kedepannya RSUP Fatmawati dapat dan mampu menjawab semua masalah kebutuhan masyarakat luas terkait masalah kesehatan kardio vaskular yang sampai dengan saat ini sangat banyak sekali penderita.

Dalam sambutan direktur utama, tidak lupa pula sekaligus mempromosikan produk layanan tersebut terhadap pihak luar yang pada kesempatan tersebut hadir, agar kiranya dapat terinformasikannya pelayanan baru tersebut kepada masyarakat luas.

RSUP Fatmawati selalu berusaha mengembangkan diri dengan pelayanan-pelayanan barunya, ini menunjukan bahwa RSUP Fatmawati selalu berinovasi dan selalu ingin memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengikuti perkembangan jaman, sehingga masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah dapat diatasi dengan pelayanan yang baru diresmikan.

Tempat mudah dijangkau oleh pasien yaitu di lantai 2 gedung bougenville yang mudah diakses dari jalan raya.