humas@fatmawatihospital.com
+62(21) 7501524
SPGDT +62(21) 7660618

KEGIATAN PKRS PEKAN PEDULI ANTIBIOTIK SEDUNIA TAHUN 2018 Di RSUP FATMAWATI



 

KEGIATAN PKRS PEKAN PEDULI ANTIBIOTIK SEDUNIA TAHUN 2018

 

Di RSUP FATMAWATI

 

 

 

                Pekan Peduli Antibiotik Sedunia telah diluncurkan oleh WHO sejak tahun 2015 dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran di tingkat global, mendorong tindakan untuk menghentikan munculnya dan menyebarnya bakteri resisten terhadap antibiotik, dan mendorong praktik-praktik terbaik pada profesi kesehatan, masyarakat produsen makanan, petani, dokter hewan dan pembuat kebijakan. Sehubungan dengan hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI memperingati Pekan Peduli Antibiotik Sedunia setiap tahunnya pada tanggal 12-18 November.

 

                Tema kampanye Pekan Peduli Antibiotik Sedunia di tahun 2018 ini adalah “Antibiotik: Gunakan dengan Bijak” yang memberikan pesan bahwa antibiotik adalah berharga dan obat yang tidak terbarukan sehingga harus digunakan hanya bila diperlukan untuk mengobati infeksi bakteri dengan peresepan oleh dokter.

 

                Kampanye Pekan Peduli Antibiotik Sedunia tahun 2018 juga dilakukan di RSUP Fatmawati dalam bentuk kegiatan PKRS mengenai Antibiotik. Dengan narasumber para Apoteker dari Instalasi Farmasi dan target penyuluhan adalah keluarga pasien, pengunjung serta petugas kesehatan. PKRS mengenai antibiotik diselenggarakan di Depo Farmasi Rawat Jalan Reguler lantai 1, Poli Anak Rawat Jalan Reguler lantai 2, Gedung Rawat Inap Prof. DR. Soelarto lantai 1, Depo Farmasi Instalasi Rawat Intensif (Gedung Bougenville lantai 4) dan Depo Farmasi Instalasi Anggrek, dengan difasilitasi oleh Instalasi Promosi Kesehatan dan Humas (IPKH) dan satuan kerja terkait.

 

                Para peserta yang mengikuti kegiatan PKRS ini juga disosialisasikan mengenai penggunaan antibiotik dengan media lagu. Para peserta secara antusias bernyanyi bersama mengenai 5O dari 5 jari tangan kita. Adapun maksud dari 5O tersebut adalah 1)penggunaan antibiotik harus sesuai dengan petunjuknya, 2)waspada dengan efek samping penggunaan antibiotik, 3)penggunaan antibiotik harus sesuai dengan dosisnya, 4)penggunaan antibiotik harus tahu nama dan kandungannya, (5)penggunaan antibiotik harus tahu khasiatnya.

 

                Selain kegiatan PKRS, RSUP Fatmawati juga memasang beberapa banner dengan judul “Resistensi Antibiotik mengancam Kesehatan secara Global” sebagai bentuk kepedulian terhadap penggunaan antibiotik