humas@fatmawatihospital.com
+62(21) 7501524
SPGDT +62(21) 7660618

FATMAHIDROPONIK RSUP FATMAWATI



Fatmahidroponik adalah nama tanaman hidroponik yang ada di RSUP Fatmawati, terletak di lahan ex IRMPDI yang belum dimanfaatkan, kami dari instalasi Sanitasi dan Pertamanan  sesuai dengan programnya membuat tanaman dengan media air.

 

Hidroponik adalah budi daya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.Kata hidroponik berasal dari yunani yaitu Hydro yang berarti air dan ponos yang artinya Daya sehingga hydroponik adalah budi daya tanaman air.

Ditunjang luas lahan area terbuka di RSUP Fatmawati yang lebih dari 70 %  meliputi lahan terbuka hijau, taman, dan parkir,  bertujuan  untuk kenyamanan penghuni rs baik karyawan, pengunjung, dan pasien itu sendiri.

Dengan telah diraihnya juara ke 3 Green Hospital  pada  tahun 2016 dan Juara ke 2 Tahun 2017, maka Tahun 2018 ini kami akan mengembangkan program green hospital dengan optimalisasi taman vertikal garden, tanaman hidroponik, Recyle limbah cair IPAL G. Anggrek, komposting organik ,Program bank sampah  dan Pembuatan Taman sudut/pembangkit listrik tenaga surya untuk penerangan lampu taman.

Tanaman hidroponik merupakan salah satu pengembangan program Green Hospital Tahun 2018,  yang mendapat dukungan penuh dari manajemen.karena berdasarkan pertimbangan:

  • Bercocok tanam hidroponik terbukti tidak memerlukan banyak biaya apabila dikaitkan dengan menanam teknik biasa di atas tanah.
  •  tidak perlu menyiramkan air setiap hari karena cairan nutrisi/media larutan mineral yang dipergunakan telah tertampung di dalam ember yang dipakai, sehingga kita tinggal melakukan pengamatan saja.
  • Bercocok tanam hidroponik dapat memanfaatkan lahan-lahan yang belum di optimalkan, sehingga menambah segar, mengurangi CO2 sebab tidak perlu menggunakan kendaraan/mesin
  • Bertanam hidroponik terbukti ramah lingkungan karena tidak menggunakan cairan kimia atau obat hama yang bisa mengkontaminasi tanah, menggunakan air hanya 1/20 dari tanaman biasa,
  • Tanaman hidroponik tidak merusak tanah sebab tidak memakai media tanah serta juga tidak membutuhkan tempat yang lebar.
  • Hasil tanaman hidroponik bisa dimakan secara menyeluruh termasuk akar karena terbebas dari kotoran dan hama.
  • edukasi kepada seluruh pegawai, sehingga diharapkan dapat mengikuti pembuatan hidroponik di rumah masing-masing
  • mendukung program makan sayur  atas anjuran pemerintah.

Tanaman hidroponik juga dapat dilakukan dilahan yang sempit, misalnya perkarangan rumah, dinding rumah,dan  area terbuka, selain itu tanaman hidroponik juda dapat dijadikan sebagai hobi atau komersial.

Jenis tanaman yang mempunyai nilai ekonomi tinggi untuk dibudidayakan di hidroponik seperti: tanaman sayuran berdaun hijau seperti selada, kangkung, bayam, pokcay, endive, sawi, dapat juga buah-buahan seperti melon, timun, cabe, tomat, danterong jepang.

Metode Hidroponik yang dipakai  di RSUP Fatmawati adalah DFT (deep Flow Technnique) yaitu salah satu teknik dalam menaman tanaman hidroponik dengan metode sirkular.

Cara Kerja metode ini yaitu larutan nutrisi dipompakan melalui sistem akar tanaman. Kelebihan larutan akan dikumpulkan kembali, diisi ulang dan digunakan kembali. Sehingga sirkulasi nutrisi secara terus-menerus selama 24 jam bekerja untuk memberikan nutrisi kepada tanaman.

Ada 2 bentuk model sistem DFT yaitu bertingkat dan zigzag. air menggenang kira-kira 2-4 cm dari talang. Nutrisi dari bak penampungan dialirkan dengan pompa 24 jam melalui talang air/ pipa PVC dibagian atas, lalu mengalir menuju ke bagian bawahnya. Aliran air pupuk diserap oleh akar tanaman. Lalu air pupuk menuju bak penampungan.