humas@fatmawatihospital.com
+62(21) 7501524
SPGDT +62(21) 7660618

BESER MENGOMPOL



ARTIKEL

BESER .....MENGOMPOL

 

Oleh Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik

Dr. Rosiana Pradanasari Wirawan Sp.KFR (K)

 

 

APAKAH ANDA MENGALAMI KONDISI SEPERTI INI ?

·         Sering bolak-balik ketoilet untuk berkemih?

 

·     Tidak dapat menahan keinginan untuk berkemih atau sampai terkadang terasa “mengompol”sebelum dapat mencapai toilet?

·         Apakah hal tersebut membuat aktifitas  An da terganggu?

Jika jawaban adalah “YA”.maka kemungkinan anda mengalami suatu gangguan kondisi kesehatan yang disebut OAB (Overactive Bladder) atau kandung kemih yang hiperaktf.untuk memahami OAB, mari mengenal proses berkemih yang normal terlebih dahulu.

 

PROSES BERKEMIH (KENCING)

Dimulai dari ginjal,ginjal berfungsi menyaring hasil metabolisme,sisa hasil metabolisme yang tidak diperlukan akan dikeluarkan dalam bentuk Urine melalui ureter kemudian ditampung oleh kandung kemih (Vesica urinaria), kandung kemih mampu  menampung  hingga 500cc  urine sebelum dikeluarkan melalui urethra keluar tubuh.

 

APAKAH OAB (OVERACTIVE BLADDER)

Adalah suatu kondisi dimana kandung kemih anda tidak bekerja sebagaimana normalnya dimana kandung kemih terlalu aktif berkontraksi sehingga menyebabkan desakan untuk berkemih yang sering. Pada kondisi OAB,yang  terjadi adalah sebagai berikut:

Pada kandung kemih yang normal akan berkontraksi setelah terisi penuh urine. Pada OAB, kandung kemih berkontraksi sering walau belum terisi penuh urine.

 

APA SAJA GEJALA OAB?

Penyebab OAB tidak diketahui secara pasti,tetapi resikonya meningkat seiring  dengan dengan peningkatan usia dan penderitanya lebih banyak wanita daripada pria.

Gejala OAB,meliputi:

1.       Urgensi                : tergesa-gesa untuk berkemih

2.       Nokturia               : Kencing pada malam hari >1 kali

3.       Inkontinesia       : mengompol

4.       Frekuensi            : sering berkemih >8 kali sehari

 

BAGAIMANA PENAGANAN  OAB ?

Konsultasikan segera keluhan yang  anda derita dengan Dokter Anda dan Dokter anda akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan diagnosa terhadap anda.beberapa pilihan terapi tersedia untuk kondisi ini,seperti latihan berkemih (bladder training) atau latihan otot dasar panggul (seperti senam kegel) atau juga dengan obat - obatan.

Obat-obatan yang menjadi pilihan pertama untuk mengatasi gangguan ini adalah golongan anti muskarinik,selain itu ada juga golongan B3-adrenoceptor aginist dan untuk mendapatkan obat tersebut,anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

 

Segera Konsultasikan Keluhan OAB Kepada Dokter Anda

Jangan Biarkan Hal ini Menganggu Kualitas Hidup Anda