Tocilizumab Anti Radang Dalam Pengobatan Covid-19



Tocilizumab adalah antibodi monoklonal rekombinan yang mempunyai efek antagonis pada reseptor interleukin –6. Obat ini diindikasikan untuk pasien dengan Rheumatroid Arthtritis yang parah. Interleukin 6 (IL-6) adalah sitokin protein yang berfungsi sebagai pembawa pesan yang mengaktifkan sistem kekebalan tubuh terhadap invasi benda asing. Pada jumlah normal, interleukin 6 sangat membantu tubuh dalam menghadapi ancaman patogen. Kadar IL-6 yang tinggi diketahui terjadi pada orang dengan rheumatoid arthritis atau kondisi autoimun lainnya. IL-6 yang terlalu banyak dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan. Selain pada kasus rheumatoid arthritis, IL–6 meningkat dengan signifikan pada pasien Covid-19 yang terkena badai sitokin.

Tocilizumab dipercaya dapat mengurangi reaksi berlebih dan berbahaya terhadap virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang disebut badai sitokin. Badai sitokin ini tak hanya memacu tubuh pasien untuk melawan virus Covid-19, tapi juga melawan sel dan jaringan tubuhnya sendiri. Dalam kasus Covid-19, badai sitokin dapat menyebabkan komplikasi gangguan pernapasan, bahkan sampai memicu kematian. Oleh karenanya saat ini Tocilizumab banyak digunakan sebagai obat untuk pasien Covid dengan badai sitokin.

Meskipun begitu Tocilizumab tetap memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Pada pasien yang mendapatkan obat ini, resiko infeksi serius meningkat, seperti infeksi tuberkolosis, infeksi bakteri, infeksi jamur atau virus dan infeksi oportunis lain. Tidak hanya itu, Tocilizumab dianggap tidak boleh digunakan oleh pasien yang infeksinya masih aktif karena obat ini dianggap dapat memunculkan penyakit baru pada sistem saraf.

Tocilizumab kontra indkasi pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap obat tersebut. Perlu diperhatikan untuk pemberian Tocilizumab pada pasien dengan resiko perdarahan lambung, gangguan ginjal dan gangguan hepatik. Gangguan hati dilaporkan terjadi pada beberapa pasien yang diberikan obat ini. Kasus yang terlapor adalah kenaikan serum transaminase hingga 5x lipat nilai normal.

Pengobatan dengan Tocilizumab secara umum juga menyebabkan penurunan jumlah neutrophil dan trombosit dalam darah, sehingga tidak dianjurkan untuk diberikan pada pasien dengan jumlah neutrophil total dan trombosit total yang menurun.